INTAN CAHYANINGRUM - MAHASISWI PENDIDIKAN MATEMATIKA UPI2011 - @intancynm

Minggu, 04 November 2012

Sekilas Mengenai IQ, EQ, dan SQ


Tugas Belajar Pembelajaran Matematika
Sekilas Mengenai IQ, EQ, dan SQ
Oleh Intan Cahyaningrum – 1102329

IQ (Intelligence Quotients) ialah istilah kecerdasan manusia dalam kemampuan menalar, perencanaan sesuatu, kemampuan memecahkan masalah, belajar, memahami gagasan, berfikir, penggunaan bahasa dan lainnya. Anggapan awal bahwa IQ adalah bawaan lahir yang mutlak dan tak dapat berubah adalah salah, karena penelitian modern membuktikan kemampuan IQ dapat meningkat dari proses belajar. Kecerdasan ini pun tidak baku untuk satu hal saja, tetapi untuk banyak hal, contohnya: seseorang mahir dalam bermusik, yang lainnya dalam olahraga. Jadi kecerdasan dari tiap orang tidak sama, berbeda satu sama lain.
EQ (Emotional Quotients) adalah kemampuan pengendalian diri, semangat, dan ketekunan, kemampuan memotivasi diri sendiri dan bertahan menghadapi frustrasi, kesanggupan mengendalikan dorongan hati dan emosi, tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tak melumpuhkan kemampuan berpikir, membaca perasaan orang lain (empati) dan berdoa, untuk memelihara hubungan sebaik-baiknya, kemampuan menyelesaikan konflik, serta memimpin diri dan lingkungan sekitar.
Kecerdasan spiritual (SQ) adalah kecerdasan jiwa yang dapat membantu seseorang membangun dirinya secara utuh. SQ tidak bergantung pada budaya atau nilai. Tidak mengikuti nilai-nilai yang ada, tetapi menciptakan kemungkinan untuk memiliki nilai-nilai itu sendiri. Kecerdasan spiritual berasal dari dalam hati. Menjadikan kita kreatif ketika dihadapkan pada masalah pribadi, dan mencoba melihat makna yang terkandung di dalamnya, serta menyelesaikannya dengan baik agar memperoleh ketenangan dan kedamaian hati. Kecerdasan spiritual membuat individu mampu memaknai setiap kegiatannya sebagai ibadah, demi kepentingan umat manusia dan Tuhan yang sangat dicintainya.
ESQ merupakan singkatan dari Emotional Spiritual Quotient, merupakan gabungan EQ dan SQ, yaitu Penggabungan antara pengendalian kecerdasan emosi dan spiritual. Manfaat yang bisa didapat adalah tercapainya keseimbangan antara hubungan horizontal (manusia dengan manusia) dan vertikal (manusia dan Tuhan). ESQ juga dapat membuat kita lebih percaya diri dalam melakukan tindakan.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan meninggalkan komentar ^_^